Solo Batik Carnival (SBC) Ke-14 sukses menghelat Grand Carnival dengan pagelaran karnaval yang mengusung tema besar “Hastha Sawanda” di sepanjang Jl. Bhayangkara, Sriwedari – Balaikota, Kota Surakarta pada Sabtu (8/7). Kegiatan ini merupakan pagelaran karnaval tahunan yang bekerja sama dengan Pemerintah Kota Surakarta dengan menampilkan berbagai kreasi kostum menarik dengan balutan batik yang bertujuan untuk melestarikan batik sebagai salah satu budaya yang dimiliki Indonesia serta menambah kreativitas dalam hal seni pertunjukan tari yang dikemas dalam pagelaran karnaval.

(Dokumentasi oleh Panitia SBC)

“Hastha Sawanda” sebagai tema besar yang diusung pada tahun ke-14 ini membawa 4 defile yang diambil dari kesenian tari tradisional di Jawa Timur, DIY, dan Jawa Tengah. Semarak dan semangat dibawakan oleh 250 peserta dan penari dengan balutan kostum kreasi mulai dari defile Reog Kendang, Seblang Olehsari, Menak Rengganis Widaninggar, dan Lembu Sura. Acara Grand Carnival ini sendiri merupakan acara puncak dalam rangkaian kegiatan Solo Batik Carnival yang telah ditunggu-tunggu setiap tahunnya. 

(Dokumentasi oleh Panitia SBC)

Acara ini turut dihadiri oleh sejumlah tamu VIP mulai dari Wakil Walikota Surakarta, Teguh Prakosa, hingga jajaran dinas dan Putra Putri Pariwisata Jawa Tengah. Grand Carnival dibuka secara resmi dengan membunyikan kluntung sapi yang dilakukan oleh Direktorat Event Daerah sebagai perwakilan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah sebagai perwakilan dari Gubernur Jawa Tengah, Wakil Walikota Surakarta, Pembina Yayasan Solo Batik Carnival dan Ketua Yayasan Solo Batik Carnival. 

Kegiatan Grand Carnival ini juga turut dimeriahkan oleh Pangeran Soengenep yang dihadirkan langsung dari Kabupaten Sumenep, Madura. Pangeran Soengenep menampilkan Musik Tong-Tong menggunakan kereta dengan 50 orang memainkan alat musik didalamnya untuk mengiringi penari. Grobogan Carnival Center hingga Salatiga Iconic Costum juga turut hadir dan memeriahkan pagelaran karnaval Solo Batik Carnival ke-14 ini. 

Didukung oleh Pemerintah Kota Surakarta, Sponsor, dan media partner, Grand Carnival SBC ke-14 mendapatkan antusiasme tinggi yang dapat dilihat dari penuhnya sepanjang Jl. Bhayangkara hingga Balaikota yang diisi oleh masyarakat lokal hingga wisatawan mancanegara yang asyik melihat dan mengambil foto atau video dengan peserta maupun penari.

 

Leave a Reply

Your email Alamat will not be published. Required fields are marked *