Anggota DPR RI Komisi X Dr. H. A. Mujib Rohmat, M. H. membuka secara resmi kegiatan Bimbingan Teknis yang bertempat di The Wujil Resort & Convention pada hari Rabu, 20 April 2022. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Direktorat Komunikasi Pemasaran Deputi Bidang Pemasaran Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengusung tema “Strategi Komunikasi Pemasaran Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melalui Penguatan Konten dan Fotografi” khususnya di wilayah Kabupaten Semarang dan sekitarnya. Dan pada kesempatan kali ini Genpi Jawa Tengah juga mendapatkan undangan untuk mengikuti bimtek tersebut, yang mana diwakili oleh Dinda (Kab. Semarang) Yoga (Kota Semarang) dan Zain (Kab. Kendal).

Heru Subroto M. M. selaku Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang dalam sambutannya menyampaikan target pasca covid yaitu segmen yang harus diterapkan seperti kepariwisataan dilakukan oleh generasi millenial, tetap sesuai protokol kesehatan CHSE, branding, dan juga selling. “Dengan diadakannya bimbingan teknis ini bertujuan untuk membangkitkan pariwisata di Kabupaten Semarang tentunya, serta memberikan manfaat bagi pelaku pariwisata dan UMKM” terangnya.

Pada kesempatan tersebut Kepala Bidang Komunikasi Media Digital Firnandi Gufron menyampaikan bahwasannya Kemenparekraf selalu menggaungkan “Wonderful Indonesia” yang merupakan janji pariwisata Indonesia kepada dunia. Dengan mengkampanyekan pariwisata Indonesia untuk pasar nusantara dan mancanegara salah satunya dengan hastag #DiIndonesiaAja serta program GerNas #BanggaBuatanIndonesia di era gempuran barang import.

Sementara Mujib Rohmat menjelaskan dengan adanya destinasi wisata super prioritas yaitu Borobudur memberikan manfaat untuk Joglo Semar (Jogja, Solo, Semarang) dan berharap Kabupaten Semarang bukan hanya sebagai opsi untuk transit karena yang lokasinya berada di tengah-tengah antara Jogja, Solo dan Semarang, akan tetapi KabupatenSemarang bisa menjadi tujuan wisata baik wisatawan nusantara maupun mancanegara.

“Pariwisata Indonesia itu qatha’athun minal jannah yaitu serpihan dari surga” tambahnya. Tak lupa Andi Agustian selaku narasumber pada kesempatan kali ini yang memaparkan perancangan strategi komunikasi pemasaran parekraf dengan pelatihan pembuatan konten berupa foto dan video dengan alat sederhana. Dan pada bimtek kali ini tak hanya diisi materi saja, tetapi para peserta juga ldiajarkan untuk praktek secara angsung sehingga materi yang disampaikan bisa langsung diaplikasikan. Harapannya dengan adanya pelatihan ini, para peserta bisa membuat konten fotografi yang baik dan  indah sehingga bisa turut mempromosikan pariwisata di Indonesia, tutur Andi Agustianselaku narasumber.

Leave a Reply

Your email Alamat will not be published. Required fields are marked *