Gelar Budaya Giritengah baru saja sukses digelar pada tanggal 21-23 Juni 2024. Event yang diselenggarakan setiap satu tahun sekali ini digelar dalam memperingati hari jadi desa Giri tengah ke 353.

Desa Giritengah ini merupakan salah satu desa di Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang yang berada persis di lereng pegunungan Menoreh.

Selain itu event ini juga digelar sebagai wujud untuk melestarikan tradisi & seni budaya di Desa Giri Tengah supaya tidak ditinggalkan oleh masyarakat terutama generasi muda.

Rangkaian acara gelar budaya Giri Tengah ini banyak sekali mulai kirab 1000 obor dan pengambilan air suci dari sendang suruh pada hari Jumat, lalu dilanjutkan kirab budaya pada hari Sabtu yg diikuti seluruh masyarakat Giri tengah dari 6 dusun Yaitu dusun Kamal, Mijil, Onggosoro, Kalitengah, ngaglik & gedangsambu. Dan juga diikuti oleh siswa siswi TK, MI & SD Giri Tengah.

Adapun untuk acara kirab budaya dibuka secara langsung oleh Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Disporapar Jawa Tengah yaitu Bapak Aria Chandra Destianto, S.STP. M.Si.

Kirab budaya berlangsung sangat meriah mulai start dari Balai Desa Giri Tengah dan finish di Sendang Suruh. Setelah itu seluruh masyarakat berdoa bersama dan menyaksikan prosesi siram air kepada kepala Desa Giritengah, hal ini diyakini untuk membersihkan diri supaya Desa Giri Tengah selalu aman damai dan sejahtera. Dan diakhiri dengan memperebutkan gunungan hasil bumi & pertanian.

Event ini semakin meriah karena ada penampilan atraksi seni budaya, bazar UMKM dan pertunjukan wayang kulit.

Menurut Taufik selaku ketua panitia Gelar Budaya GiriTengah, event ini merupakan sebagai edukasi untuk generasi muda supaya lebih mengenal tradisi dan seni budaya Giri tengah serta mau melestarikannya. Harapannya dengan digelar event ini bisa membuat Giritengah lebih dikenal masyarakat luas, banyak kunjungan wisatawan dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

Leave a Reply

Your email Alamat will not be published. Required fields are marked *